Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Friday 20 May 2016

Komputer Tidak Mau Menyala Saat Selesai Dirakit

Merakit Komputer PC adalah hal yang menyenagkan dan menguntungkan karena bila kita merakit kita bisa melihat bagian bagian dalam komputer yang unik serta kita bisa menyesuaikan kebutuhan perangkat kita sesuai keinginan ataupun biaya yang kita miliki contonya bila kita ingin komputer bisa menyimpan data banyak belilah hardisk yang kapasitasnya besar atau bila kita ingin komputer bisa bermain game terbaru maka kita bisa membeli VGA yang memorynya besar. Permasalahan umum yang sering muncul adalah bila kita melihat komputer tidak ada tampilan dilayar memang membingungkan, apalagi komputer itu akan kita gunakan. Ada beberapa faktor yang bisa terjadi pada komputer anda bila hal itu terjadi yaitu :
Masalah Pemasangan Perangkat.
  1.     Masalah pemasangan perangkat pada PC anda bisa mempengaruhi kinerja komputer anda, bila       anda tidak benar memasannya maka bisa jadi komputer anda tidak dapat berjalan, pada umumnya hal ini terjadi pada saat pemasangan RAM (Random Acces Memory) ataupun Kabel Power Suppy yang keduannya menempel pada Main Board, berikut ini gambar pemasangan yang benar : 
    Pada pemasangan RAM harus pas dan terkunci di Slot RAM nya.
Pemasangan Kabel dilakukan dengan Pas dan rapih.

2. Masahal berikutnya adalah terbalik memasang jumper ataupun conector mainboard. Dalam Mainboard disediakan paling tidak 2 jumper, jumper ini berfungsi untuk mengalirkan arus dan memutus arus. Jadi komputer dapat kita kunci dengan alat ini. Permasalahanya bila kita terbalik memasang jumper maka arus untuk mainboard sebagai papan induk penghubung semua kompunen bagian dalam cpu tidak memiliki arus listrik. Terbalik memasang conector Power juga mengakibatkan komputer tidak nyala saat di tekan tombol power.




Kesalahan memasang jumper dan conector membuat Komputer tidak nyala.

3. Pemasangan Kabel Data atau kabel Arus Hardisk kurang pas. Pemasangan kedua kabel ini harus pas sesuai bentuk slotnya, jangan terlalu dipaksa karena dapat merusak slot hardisk atau slot kabelnya. Bila kita kurang pas atau kurang kencang memasang kabel kabel ini maka yang terjadi adalah komputer dapat nyala pada awalnya tetapi tidak bisa masuk ke Windows (Tidak dapat digunakan).



 Pemasangan kabel data dan kabel arus dilakukan dengan pas dan di pasang di slot Mainboard yang benar.

4. Lupa Memberi Pasta Prosesor
Bila kita lupa memberi pasta Prosesor, maka komputer yang telah kita rakit dan jalankan pada awalnya berjalan dengan baik tapi beberapa menit kemudian akan me-Restart sendiri dan akan terus-menerus seperti itu. Hal ini disebabkan karena Prosesor mengalami panas berlebih sehingga BIOS akan memerintahkan merestart komputer sendiri agar prosesor tidak terbakar.

5. Membeli VGA tidak sesuai spesifikasi Mainboard.
Bila anda membeli VGA eksternal tidak sesuai spesifikasi mainboard maka yang terjadi adalah pertama VGA tidak bisa dipasang pada Mainboard dan kalaupun bisa maka tidak akan muncul tampilan apapun pada layar komputer.

Sekian share dari saya bila ada waktu lenggang akan di sahre lagi artikel artikel yang lebih menarik.







No comments: