Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Tuesday 15 December 2015

Merakit Komputer Sendiri

Merakit komputer memang memiliki keuntungan tersendiri dari pada kita membeli komputer yang sudah jadi di toko. Keuntungan yang kita dapat adalah kita dapat menentukan sendiri spesifikasi yang kita butuhkan sesuai keinginan ataupun angaran. Merakit komputer bukanlah hal yang rumit dan malah menyenangkan karena kita menjadi mengetahui bentuk-bentuk komponen komputer, teknologi terbaru yang ada, harga komponen-komponen komputer dan lainnya. Tentu dalam merakit komputer kita perlu mengetahui jenis spesifikasi perangkat yang akan kita beli agar semua perangkat dapat terpasang dan berjalan dengan baik. Sebelum kita mengulas cara merakit komputer ada beberapa tips bila kita ingin merakit komputer adalah :
1. Tentukan komputer yang akan kita rakit untuk keperluan apa ? Bila kita ingin untuk game maka gunakanlah VGA yang spesifikaisnya tinggi, bila ingin hemat belilah komponen komputer yang biasa, bila ingin komputer dengan pengolahan data yang besar belilah komponen Prosesor dan RAM yang besar.
2. Usahakanlah membeli komponen Mainboard/Modherboard dulu karena komponen itu adalah komponen induk yang menghubungkan antar komponen komputer. Bisa kita lihat dengan buku panduan dalam mainboardnya.
3. Belilah komponen-komponen yang sesuai dengan mainboardnya karena bila tidak sesuai tidak bisa terpasang di Mainboarnya.
4. Siapkan alat-alat yang membantu seperti Obeng.
5. Letakan tangan anda di Casing atau benda besi untuk menghilangkan induksi atau bisa menggunakan gelang logam.

 Nah tibalah saat merakti komputer, berikut cara-cara merakit komputer :
1 Pasanglah Power Supply di dalam Casing.


2. Pasanglah Mainboard / Modherboard di dalam Casing.


3. Pasanglah kabel Daya 24 Pin pada Power Suppy ke Slot Mainboard.


4. Pasang kabel daya 4 Pin pada Power Suppy di Maiboard.


5. Pasang prosesor di dalam slot pada Mainbaord serta berilah lapisan jel Prosesor agar Prosesor tidak Hank atau terbakar saatdijalankan.

6. Pasang Fan Prosesor beserta penghantar panasnya di atas prosesor serta sesuaikan lubang-lubang slotnya lalu kunci lah dengan menekan 4 pin di dekat fan prosesor.



7.  Pasanglah RAM dan VGA di slot Modherboard yang sesuai.

Pemasangan RAM di slot RAM.

Pemasangan VGA di slotnya.

8. Pasang Hardisk dan CD/DVD Room pada socket di Modherboard. Jangan lupa di mur dan dipasang kabel data serta kabel dayanya baik yang menyambung di Hardisk / CD Rom maupun yang menyambung ke Mainboard dan Power Supply.



9. Pasang kabel tombol power dan restart pada Casing di Modherboard. Untuk memasang ini kita harus melihat aturan pin pin pada buku panduan Modherboard agar komputer bisa dinyalakan.



Demikian sharing dari saya semoga menginspiratif. Jangan lupa klik iklan 2Capctha yang di atas yaa. 

















No comments: